SEJARAH IKATAN GEOGRAF INDONESIA



Ikatan Geograf Indonesia yang kemudian sering singkat sebagai IGI ini merupakan persatuan para peminat Ilmu Geografi. Organisasi ini merupakan organisasi profesi yang bertaraf nasional di Indonesia. IGI dibentuk di Jakarta pada tahun 1967. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk memajukan dan mengembangkan ilmu serta profesi geografi yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia.
Sampai saat ini perkembangan organisasi mengalami dinamika yang cukup kuat. Salah satu pergolakan sejarah yang sangat kuat yakni pada dekade 1960an, sempat beredar isu bahwa Ilmu Geografi akan dihapuskan dari ruang pendidikan di Indonesia. Menanggapi pergolakan tersebut, maka kemudian para tokoh Geograf Indonesi berusaha mempertahankan dengan melakukan eksistensi diri dalam Pembangunan Indonesia. Usaha tersebut kemudian ditandai dengan berdirinya Fakultas Geografi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tanggal 1 September 1963.
Dinamika perkembangan Ilmu Geografi di Indonesia bukan hanya sampai disini saja, Salah satu kegiatan dari organisasi ini yang kemudian menghasilkan sebuah karya dan dipergunakan sampai saat ini yakni kesepakatan dari definisi Ilmu Geografi melalui seminar dan lokakarya di Semarang tahun 1988. (Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan).
Setelah dinamika pada era dekade tahun 1990 an tersebut, kemudian kepengurusan Ikatan Geograf Indonesia (IGI) dilanjutkan dengan mengangkat Prof. Dr. Sutikno, M.Sc sebagai Ketua Umum IGI Periode 1998-2002 dan kemudian dilanjutkan pula pada Periode 2002-2006. Pada tahun 2006 kemudian dilaksanakan Kongres III IGI yang menetapkan Ketua Umum terpilih yakni Prof. Dr. Suratman, M.Sc. Beliau memimpin organisasi ini mulai dari periode 2006-2010, yang dilanjutkan pada periode 2010-2014 melalui Kongres IV IGI di Unesa Surabaya.
Pada kepengurusan periode ini, beberapa kegiatan telah dilaksanakan. Diantaranya adalah Pekan Ilmiah Tahunan yang kemudian sering disebut sebagai PIT IGI yang dilenggarakan rutin setiap tahun. Selama periode kepengurusan 2006 sampai sekarang ini terdapat beberapa pertemuan PIT IGI yakni diantaranya:
Tahun 2007 ke-10 di Universitas Negeri Medan (UNIMED)
Tahun 2008 ke-11 di Universitas Negeri Padang (UNP)
Tahun 2009 ke-12 di Universitas Negeri Makassar (UNM)
Tahun 2010 ke-13 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sekaligus Kongres ke-3 IGI
Tahun 2011 ke-14 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja, Bali
Tahun 2012 ke-15 di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta
Tahun 2013 ke-16 akan diselenggarakan di Universitas Negeri Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

5 comments:

  1. Salut untuk IGI. Mudah2an program kerja PIT atau seminar geografi bisa diunduh.

    ReplyDelete
  2. Semoga IGI makin berkibar dengan pemikiran untuk kemajuan bangsa. Salut

    ReplyDelete
  3. IGI terus Maju.gimana cara daftar jadi anggota IGI?

    ReplyDelete
  4. AS....Teman2 di NTB khususnya di Prodi Pendidikan Geografi FKIP UM Mataram yg termasuk anggota IGI tidak pernah di undang untuk pertemuan2 IGI. email: dinjunai78@yahoo.co.id. mohon info kalo ada kegiatan IGI.

    ReplyDelete
  5. gmna cara masuk jadi anggota Bang...?

    ReplyDelete